11.09.2008

Manusia sebagai khalifah

Manusia sebagai khalifah di muka bumi memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan suatu peradaban di muka bumi. Manusia, berdasarkan fitrahnya berusaha untuk memakmurkan bumi dan segala isinya demi sebesar-besarnya manfaat bagi manusia itu sendiri.

“...............sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi..........” Q.S Al-Baqarah : 30

Sebagai khalifah manusia memiliki kebebasan yang di implementasikan dalam kehidupan sosial. Selain sebagai hamba Allah, manusia juga harus berinteraksi dengan makhluk ciptaan Allah lainnya. Maka dibutuhkanlah pengembangan ilmu pengetahuan untuk mengekplorasi segala ciptaan Allah.

Usaha manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan dimulai dengan usaha untuk memahami alam. Manusia merupakan insan yang memiliki kelebihan untuk meningkatkan kemampuan dan ilmu pengetahuan yang diketahuinya untuk diperbaharui. Kemudian manusia meneruskan pengetahuannya ke generasi selanjutnya.

Kemudian segala amal perbuatan dan aktivitas kita pada akhirnya difokuskan untuk mendapatkan ridha Allah. Dengan begitu kita dapat terhindar dari segala yang menyesatkan hati.

Tidak ada komentar: